Search

Tips mendapatkan foto-foto kece saat liburan

Liburan atau jalan2 kalo gak foto2 tuh kayaknya gimana gitu ya.. bahkan kadang banyak orang yang lebih fokus foto2 daripad ngeliat objek wisatanya langsung. hehehe..

terus kalo misalnya udah jauh2 pergi ke suatu tempat tapi cuma dapet foto yang gitu2 aja, atau fotonya kurang bagus, lebih parah lagi kamera nya habis batre dsb, hihihi nightmare lah itu. mood jalan2 nya bisa kacau. Jadi sekarang saya mau coba kasih tips mendapatkan foto-foto kece saat liburan


1. Persiapan alat tempur. Alat tempur di sini maksudnya adalah kamera beserta accesoriesnya. Foto2 saya setahun belakangan ini saya ambil dengan kamera hp saya samsung S5, buat saya kamera hp ini udah cukup bagus baik kamera belakang atau kamera depan untuk selfie. Jadi gak butuh camera pocket atau DSLR karena selain berat dan ribet, saya juga gak ngerti gimana pakenya. hehehee. Oiya accesories dari kamera juga jangan lupa. Misalnya kayak tongsis, lensa fisheye, bluetooth shutter, mini tripod, atau apa aja deh yang menunjang foto2. Oh iya jangan lupa bawa power bank, soalnya foto2 juga ngabisin batre loh..tips tambahan untuk menghemat batre saat jalan2 adalah, matikan semua data network, wifi, gps, dsb. Kalo bisa malah aktifin aja flight mode nya. Apalagi kalo di luar negri, kita ga akan setiap menit berkomunikasi sm orang kan?
eh iya 1 lagi nih, bete banget kan kalo lagi asik foto2 tiba2 memory card nya penuh. Jadi cek dulu ya memory card nya cukup. atau kamu sediain aja mmc khusus foto jalan2 kamu. selesai jalan2 nanti dikosongin dulu dan pas berangkat udah siap lagi deh.
2. Datanglah sepagi mungkin. Kalo perlu sebelum objek wisata dibuka kamu udah di sana, karena semakin pagi, artinya makin sepi jadi foto2 kamu gak akan terganggu dengan orang2 yang berseliweran yang nebeng foto2 di belakang. hahaha. Oiya cahaya matahari pagi emang paling oke buat foto2, karena langit masih bersih tanpa awan2 dan polusi. Beda ceritanya kalo kamu liburan di musim dingin/hujan ya.. itu sih tanggung sendiri.
berikut hasil foto pagi hari dari beberapa perjalanan saya yang lalu

candi prambanan
langitnya kece kan??
osaka castle
sinar matahari pagi bikin refleksi di air jadi jernih banget
dieng wonosobo
tjakepppp
danau toba
foto kece gak harus pake kamera mahal

3. Latihan pengambilan gambar. Yup, untuk mendapatkatn foto2 kece, kita emang harus banyak2 latihan foto. Misalnya dulu saya gak ngerti kalo backlight kita bisa nyalain HDR, ambil enggel foto dr atas atau bawah hasilnya bakal beda. Khusus buat yang seneng foto sambil lompat2, kita mesti latihan sering2 tuh ngatur posisi badan, tangan, kaki, juga ekspresi saat melompat, buat yang motoin, mesti banyak2 latihan kapan saat yang tepat untuk mencet shutter. Belum lagi kalo yang doyan swafoto alias selfie, posisi dan jarak tangan, kemiringan kepala dan muka harus diatur sedemikian rupa supaya jadi kece badai. Semua ini butuh waktu untuk latihan, kalo udah jago, dan feeling udah diasah sedemikian rupa, kita jadi gak buang2 waktu jalan2 cuma untuk dapet foto yang kece, karena sekali dua kali jepret hasilnya udah memuaskan.


Tapi bagaimana pun juga foto2 gagal itu jangan dihapus, soalnya bisa jadi bahan ketawa, misalnya begini nih

dieng wonosobo
mukenye mane???
candi prambanan
awkward position! LOL!

4. Perhatikan baju, aksesoris dan make up. Baju yang kece akan menunjang foto yang kece juga. Kalo kamu agak niat dan memungkinkan, baju kamu bisa menambah efek dramatis dalam frame foto kamu. Tapi buat yang jalan2 backpacker atau ngegembel baju yang ribet malah bisa jadi disaster. Intinya sih sesuaikan dan diakalin aja. Misalnya kalo rambut kamu panjang, terus di tempat wisata tersebut angin lagi bertiup kencang, jadi kamu bisa ngakalin gimana supaya rambut kamu melambai2 ala2 iklan shampo yang bikin foto kamu jadi lebih kece.
Oiyah, untuk soal pakaian, usahakan pakai baju yang warnanya kontras atau yang ngejreng kayak merah, kuning, orange, apalagi kalo latar belakangnya pemandangan alam kayak pantai, pegunungan, dsb. Hindari warna hitam, abu2, biru, hijau tua, karena kita sebagai orang di foto gak akan menonjol.

candi prambanan
saya khusus pake baju ini supaya bisa foto2 yang kece.. hehehe

Soal aksesoris, buat saya sih yang paling wajib itu kacamata hitam. Soalnya kalau kesilauan kita bisa nutupin mata kita yang lagi nahan silau. Apalagi saya yang emang ga tahan banget silau, lama2 mata bisa perih dan berair. Jadi kacamata hitam ini multifungsi buat saya. Kalo jalan2 ke pantai atau gunung, coba bawa pashmina atau scarf alias selendang tipis dengan warna gonjreng, ini bisa jadi aksesoris kece buat foto2
Soal make up, ini khusus cewe aja sih, kadang di foto itu kita bisa keliatan pucet banget, makanya alat make up wajib buat cewe itu adalah lipstik, gak perlu sampe bulu mata palsu, eyeliner, blush on dan segala macem. Nah kalo bisa pilih lipstick yang agak gonjreng juga, misalnya merah cabe atau cayenne, atau bisa pilih pink fuschia. 2 warna ini menurut saya cocok buat baju dengan warna apa aja.


ratu boko
estu matanya kesialauan dan jadi ngernyit bgt, dan gak pake lipstik, jadi keliatan pucet. jadi gak maksimal deh fotonya

5. Spontan dan anti mainstream. Foto itu sebenernya gak harus selalu ada manusianya, kadang foto batu juga bisa jadi bagus kok, jadi jangan takut coba2 foto apapun yang ada di depanmu.

DCIM100MEDIA
maksudnya apa ya foto2 lorong begini doang? hahaha
foto tomat begini juga kece buat diupload ke instagram
foto tomat begini juga kece buat diupload ke instagram

Akhir kata, kalo mau jalan2, ajak2 saya ya.. saya bisa jadi fotografer dadakan kok. hehehe

yes!